Kamis, 22 September 2016

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

 Hasil gambar untuk technology
Latar Belakang 
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
      Seperangkat komputer, jaringan, dan teknologi komunikasi digunakan sebagai alat yang harus selalu ada untuk dapat menghasilakan sebuah informasi yang berkualitas. Komputer sudah dapat ditemui dimanapun, misalnya di sekolah, rumah, apalagi kantor-kantor dan instansi. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi kini sudah semakin pesat, hal itu dirasakan dangan semakin banyak munculnya peralatan informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Kemudian alat komunikasi seperti halnya handphone/telepon genggam, pada masa ini hampir semua orang memilikinya. 

Ringkasan Pembahasan 
Sejarah 
Tahun 1455, Johann Guntenberg pertama kalinya menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf yang terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu. 
Tahun 1830, Augusta Lady Byron pertama kalinya menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, mesin ini muncul 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk. 
Tahun 1837, Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. 
Tahun 1861, gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar besar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang. Tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan perangkat telepon yang digunakan pertama kali secara umum. 
Tahun 1899, system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada zaman ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital. Tahun 1923, Zvorkyn pada zaman ini menciptakan tabung TV yang pertama. 
Tahun 1972, Ray Tomlinson menciptakan sebuah program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi pada jarak jauh dengan menggunakan teks. E-mail banyak disebut sebagai surat elektronik. 
Tahun 1973-1990, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan istilah TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya: DDN, DARPA, ARPANET, dan Internet Gateway. 
Tahun 1991- Sekarang, sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 komunitas internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dengan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC dalam rangka untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia. Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. 

Pengertian 
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan , manipulasi , pengelolaan dan transfer atau pemindahan informasi . 
Menurut Susanto Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah  sebuah media atau alat bantu yang digunakan  untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah. 
Menurut Eric Deeson , Harper Vollins Publishers , Dictonary of Information Technology “ Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.” Here handling includes transfer , processing , storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole.” Dari penjelasan diatas : kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks social yang mengungtungkan diri sendiri dan masyarakat secara kesulurahan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara kesuluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus. 

Contoh dan Peran Teknologi Sistem Informasi 
  1. Bidang Pendidikan (e-education) 
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan guru/dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. 
Contoh : sudah adanya program V-Class (Virtual Class) di Universitas Gunadarma dan portal/web resmi Gunadarma dengan nama BAAK Online sebagai sumber informasi baik jadwal kuliah, kelas, klender akademik, dan informasi lainnya seputar perkuliahaan. 
  1. Bidang Pemerintahan (e-government) 
Kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.  
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government). 


Dampak Posistif & Negatif 
  1. Positif 
  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-teman. 
  • Dapat mencari informasi-informasi pendidikan melalui internet. 
  • Munculnya media elektronik sebagai penunjang pembelajaran. 
  • Memberikan metode-metode baru dalam kegiatan pembelajaran,sehingga tidak merasa jenuh. 
  • Efisiensi waktu, karena tugas dapat di kirimkan via online. 
  • Efisiensi ruang/tempat, karena semua document dapat disimpan tanpa perlu terlihat bentuk nya. 
  • Dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang sangat jauh dari kita melalui telepon/handphone. 
  • Mendapatkan informasi lengkap mengenai keadaan seisi bumi melaui internet. 
  • Memudahkan dalam pelayanan perbankan. 
  • Kompetisi yang tajam sehingga mendorong generasi muda yang berwawasan luas. 
  • Memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan. 
  • Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat. 
  • Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat 
  • Meningkatkan informasi kesehatan. Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat. 
  • Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce 
  1. Negatif 
  • Mengendorkan keinginan belajar anak.Dengan adanya game online,fb,twitter dll. 
  • Disalahgunakan pemakaiannya untuk melihat situs-situs yang ditujukan untuk orang dewasa. (cyber porn) 
  • Kemerosotan mental remaja. 
  • Oknum-oknum yang memanfaatkan situs seperti fb,sebagai media perkenalan yang didasari modus penculikan. 
  • Merajalelanya aksi penipuan melalui situs tertentu. (cyber crime) 
  • Mengikuti gaya hidup luar negeri. 
  • Lupa waktu atau mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama. 
  • Menarik diri seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses. 
  • Kebutuhan akan peralatan komputer yang lebih baik dan lebih banyak untuk dimiliki memiliki derajat kepuasan yang sama. 
  • Sering berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak negatif dari penggunaan internet yang berkepanjangan. 
  • Kurang perhatian, gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah kepercayaan diri, impulsif, tak tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri. 

Perkembangan Ilmu Informatika di Indonesia 
Ilmu informatika adalah ilmu yang saat ini sangat dibutuhkan dimanapun berada. Di Indonesia saat ini yang paling banyak digemari adalah informatika dengan tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sistem komputer dan sistem informasi.Ini berawal dari tahun 1990-an saat komputer pertama kali diperkenalkan didalam dunia pendidikan di Indonesia setelah itu baru muncul ilmu-ilmu mengenai komputer. 
Perguruan tinggi yang ada di Indonesia mulai membuka program studi komputer yaitu Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi. Lulusan Teknik Informatika mempunyai kesempatan kerja yang sangat luas, pada sektor industri dan bisnis di mana komputer digunakan secara intensif seperti pada industri manufakturing, perminyakan, perbankan, konstruksi, asuransi, transportasi, kesehatan, penelitian pendidikan dan lain-lain. 
Sedangkan, Informatika itu sendiri adalah ilmu yang digabungkan antara ilmu murni dan ilmu terapan. Dikatakan seperti itu karena mencakup hal-hal sebagai berikut : 
  1. Logika karena struktur komputer dan pemograman berdasarkan rangkaian logika. 
  1. Matematika diskrit karena komputer mampu menyelesaikan persoalan kombinatorik secara cepat. 
  1. Elektronika, mikro elektronika, dan arsitektur komputer karena komputer diwujudkan sebagai rangkaian elektronika atau gabungan dari chips. 
  1. Metodelogi Pemograman, karena yang paling mendasar dalam suatu sistem komputer adalah program, mulai dari program skala kecil sampai dengan skala besar. 
  1. Engineering (khususnya Software Engineering) karena perangkat lunak, yang berangkat dari ilmu coba coba makin mencari bentuk menjadi engineering. 
  1. Komunikasi dan telekomunikasi bahkan telematika, karena akhirnya komputer hanyalah suatu titik dalam jaringan komputer. 
Tetapi saat ini ilmu informatika mencakup antara lain : Informatika teoritis, Informatika dasar (pemograman), Sistem (Sistem Operasi, kompilator, dan perangkat lunak sistem yang lain), Sistem Informasi (SIM, DSS, EIS), Jaringan Komputer, Basis Data, Intelegensi Buatan, Robotika, Grafik dan citra, serta Perhitungan Numerik. 
Saat ini Informatika adalah salah satu bentuk ilmu di Indonesia yang sedang membangun kemajuan IPTEK dari negara lain. Keberadaan beberapa program studi di IT Telkom yang tercakup dalam lingkup disiplin Computing, antara lain : 
  1. Sistem Informasi : kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Sistem informasi sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritma,data,dan teknologi. 
  1. Sistem Komputer : ilmu yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). 
  1. Teknik Telekomunikasi : teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. 
  1. Teknik Informatika : ilmu yang mempelajari masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. 

Kesimpulan 
Perkembangan teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.  
Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan berbagai ragam perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa pentingnya untuk mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data komputernya kepada satu sumber yang dapat dipercaya. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang.  
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. 
Teknologi itu sama dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif) sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalam kesengsaraan yang disebabkan oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif) oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya. 

Saran 
Kita sebagai penikmat dari kemajuan teknologi baik informasi, komunikasi, dan informatika, harus lebih bijak lagi dan lebih hati-hati dalam memnggunkan teknologi. Karena seperti dalam kesimpulan diatas teknologi seperti sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yaitu menjadi lebih baik jka kita menggunakan untuk hal yang positif atau sebaliknya kedalam kesengsaraan jika kita menggunakan untuk hal yang bersfiat negatif. 
Dengan kondisi teknologi yang sedang berkembang pesat seperti ini khususnya di Indoensia, peran pemerintah juga sangat penting untuk hal ini. Dikarenakan masih banyak juga SDM di Indonesia yang masih belum bisa menikmati dari kemajuan teknologi saat ini. Oleh karenanya, pemerintah juga harus dapar berperan dalam hal kemajuan teknologi di Indoensia dengan melakukan penyuluhan tentang bagaimana menggunakan alat-alat teknologi masa kini, tetntunya dengan hal yang psotif. 
Terakhir saya mengingatkan kembali, gunakanlah kemajuan teknologi ini dengan hati-hati dan dengan hal-hal yang bersifat positif serta hal-hal yang mengandung kebaikan. Semua tergantung dari niat dan diri kita sendiri dalam hal memanfaatkan teknologi.  
What You See Is What You Get 


Sumber 

1 komentar: